Tempat Wisata Arung Jeram yang Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata Arung Jeram yang Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata Arung Jeram yang Wajib di Kunjungi – Arung jeram jadi satu dari sekian banyak wisata air menantang data macau yang digandrungi banyak orang. Karena selain menghadirkan pengalaman seru dan asyik, arung jeram juga bisa membantu menjalin keakraban. Setiap orang yang berada dalam satu perahu harus saling bahu-membahu agar perahunya tetap berjalan dan tidak sampai terbalik. Pangandaran tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, tetapi juga sebagai tempat kegiatan pengarungan sungai. Tempat arung jeram yang populer di Pangandaran adalah Green Canyon. Di Green Kanyon, wisatawan dapat menggunakan perahu untuk pengarungan sungai, juga dapat menggunakan ban yang lebih dikenal dengan istilah river tubing, dan dapat juga dapat menggunakan sebatas baju pelampung lengkap dengan body protectornya, kegiatan jenis ini disebut body rafting.

Sungai Green Canyon yang cukup aman untuk diarungi, menjadikan lokasi di Pangandaran ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan rafting dengan model pengarungan yang berbeda-beda. Jika anda tertarik, maka Green Canyon bisa menjadi salah satu destinasi arung jeram untuk anda kunjungi.

Arung Jeram di Sungai Alas, Aceh

Ketika menyebutkan nama Aceh, mungkin yang pertama-tama terpikirkan adalah tentang Taman Nasional Gunung Leuser. Dalam area Taman Nasional inilah terdapat satu sungai yang melintasi tengah Taman Nasional, itulah Sungai Alas. Sungai Alas sering digunakan sebagai lokasi untuk rafting dengan tingkat kesulitan pengarungan yang cukup menantang. Sungai Alas Aceh Leuser sering pula digunakan sebagai tempat diselengarakannya kejuaraan Internasional Rafting, di mana pesertanya berasal dari berbagai negara.

Rafting di Sungai Citarik, Sukabumi

Sungai Citarik Sukabumi terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)((Kebenaran pernyataan ini perlu ditelusuri lagi, setahu penulis bahwa sungai Citarik tidak termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak)). Rafting Citarik ini menjadi sangat populer karena sungai slot bet 200 Citarik telah menjadi menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan yang mencari tempat arung jeram di Jawa Barat. Sungai Citarik memiliki tingkat kesulitan yang beragan, sungai ini cocok bagi pengarung pemula hingga profesional. Di sungai Citarik, Rute terpendek arung jeram dapat ditempuh dengan perahu raft selama satu jam pengarungan.

Rafting di Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai Asahan merupakan tempat rafting yang sangat menantang, memiliki kecepatan aliran sungai mencapai 20 meter kubik per detik, sungai ini termasuk sebagai salah satu rute yang paling sulit, sungai ini sering digunakan sebagai tempat untuk kompetisi rafting internasional dan nasional. Sungai Asahan diklaim sebagai tempat rafting terbaik ketiga di dunia, setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Sungai ini memiliki panjang 22 kilometer.

Arung Jeram di Sungai Telaga Waja, Bali

Salah satu sungai yang paling populer di Bali untuk rafting adalah Telaga Waja di Karangasem. Telaga Waja memiliki rute rafting terpanjang dan telah menjadi tujuan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk melakukan wisata petualangan arung jeram. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan arung jeram di sungai Telaga Waja sekitar 2,5 jam. Bagi yang menginginkan pengalaman petualangan, sebaiknya datang pada musim kemarau(dry season)((Menurut penulis; arus sungai akan lebih deras ketika musim penghujan, malahan ketika musim kemarau, arus sungai akan kecil karean suply air kecil juga)). Pada periode ini, Sungai Telaga Waja menawarkan arus sungai yang cukup deras.

Arung Jeram di Sungai Serayu, Banjarnegara

Sungai Serayu. merupakan salah satu tempat terbaik untuk rafting di Indonesia, lokasinya berada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Memang, sungai Serayu tidak terlalu banyak dikenal oleh para penghobi rafting sehingga sungai ini masih relatif sepi dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu diketahui bahwa sungai Serayu memiliki arus sungai yang menantang yang harus dicoba oleh para pengarung pemula maupun yang sudah berpengalaman. Selain itu, Perusahaan Jasa perjalanan Wisata atau operator rafting yang memanfaatkan sungai Serayu sebagai rute pengarungannya, menyediakan fasilitas outbound yang akan menambahkan kegembiraan dalam kegiatan rafting.

Rafting di Sungai Pekalen, Jawa Timur

Satu lagi yang tidak boleh dilewati untuk wisata petualangan, adalah menikmati pengarungan arus Sungai Pekalen di Jawa Timur. Sungai Pakelan merupakan salah satu spot rafting terbaik di Probolinggo. Sungai Pekalen memiliki kedalaman sekitar 3 meter dan terletak di Kabupaten Probolinggo. Saat melakukan rafting di sungai ini, anda akan disuguhidengan pemandangan 7 terjunan air. Kontur sungainya cukup menantang dan memiliki tebing dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Tebing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melompatĀ (Cliff jumping). Bagi pecinta aktivitas yang menantang adrenalin, Sungai Pekalen wajib masuk dalam daftar anda.

Body Rafting di Green Canyon, Pangandaran

Pangandaran tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, tetapi juga sebagai tempat kegiatan pengarungan sungai. Tempat arung jeram yang populer di Pangandaran adalah Green Canyon. Di Green Kanyon, wisatawan dapat menggunakan perahu untuk pengarungan sungai, juga dapat menggunakan ban yang lebih dikenal dengan istilah river tubing, dan dapat juga dapat menggunakan sebatas baju pelampung lengkap dengan body protectornya, kegiatan jenis ini disebut body rafting.

Sungai Green Canyon yang cukup aman untuk diarungi, menjadikan lokasi di Pangandaran ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan rafting dengan model pengarungan yang berbeda-beda. Jika anda tertarik, maka Green Canyon bisa menjadi salah satu destinasi arung jeram untuk anda kunjungi.

Rafting di Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Kalimantan dikenal sebagai rumah bagi pencinta arung jeram, hal ini karena Kalimantan memiliki sungai yang panjang dan besar. Salah satu sungai yang wajib dicoba adalah Sungai Lamandau di provinsi Kalimantan Tengah. Di spot ini, pencinta arung jeram akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan menantang. Jalurnya sulit dengan arus sungai yang kuat. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan saat berarung jeram di Sungai Lamandau itu sangat indah. Artinya, anda bisa memuaskan dahaga akan adrenalin sekaligus memanjakan diri dengan pemandangan indah di saat yang bersamaan.

Arung Jeram di Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Sungai Nimanga adalah tempat rafting terbaik di Sulawesi Utara, terletak di Kabupaten Minahasa. Spot ini memiliki jalur pengarungan yang unik. Kondisi sungai yang tidak terlalu terjal membuat Nimanga cocok untuk pemula. Selain itu, Sungai Nimanga masih sangat alami dan asri untuk dijelajahi. Saat menyusuri sungai, anda masih bisa melihat berbagai satwa liar berkeliaran di sekitar tepian.

Tulisan ini dipublikasikan di Wisata dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *